Membuat
game pada bahasa pemograman
Program
membuat game pada pascal
  
Program membuat game sama saja halnya membuat program pada biasanya,
hanya perlu merubah rumus atau listing program yang akan kita buat cukup kita
mengetahui rumusnya ap yang akan bisa menjadi game tersebut agar bisa
dijalankan pada saat akhir program nanti, untuk mengetahui lebih lanjut
langsung saja kita lihat listing programnya.
 
Contoh listing program game ular:
program game;
uses crt;
label
  habis, lanjut;
const
  max_panjang = 100;
  batas_x = 80;
  batas_y = 25;
  speed  
= 200;
type
  tempat = record
    x, y : integer;
  end;
var
  ekor : array[1..max_panjang] of tempat;
  ujung, makanan : tempat;
  tkn : char;
  i,pjg,skor,spd  : integer;
  mati : boolean;
procedure atur_posisi;
begin
  ujung.x := ekor[pjg].x;
  ujung.y := ekor[pjg].y;
  for i:=pjg downto 2 do begin
    ekor[i].x := ekor[i-1].x;
    ekor[i].y := ekor[i-1].y;
  end;
  gotoxy(ekor[2].x, ekor[2].y); write('@');
  gotoxy(ekor[3].x, ekor[3].y); write('&');
  gotoxy(ekor[pjg-1].x, ekor[pjg-1].y);
write('#');
  gotoxy(ujung.x, ujung.y); write(' ');
  for i:=3 to pjg do if((ekor[2].x=ekor[i].x)
and (ekor[2].y=ekor[i].y)) then mati:=true;
  delay(speed-spd);
end;
procedure makan;
var beda :
boolean;
begin
clrscr;
  inc(skor,5);
  gotoxy(10,26); write('Skor = ',skor);
  repeat
    beda := true;
    makanan.x := random(batas_x-2)+2;
    makanan.y := random(batas_y-2)+2;
    for i:=1 to pjg do
      if((makanan.x=ekor[i].x) and
(makanan.y=ekor[i].y)) then beda:=false;
  until beda;
  gotoxy(makanan.x, makanan.y); write('o');
  inc(pjg);
  inc(spd,2);
end;
procedure
bergerak(c : char);
begin
  if c = 'd' then begin
    repeat
      if((ekor[1].x = makanan.x) and (ekor[1].y
= makanan.y)) then makan;
      ekor[1].x := ekor[1].x+1;
      atur_posisi;
      if (ekor[1].x = batas_x) or (ekor[1].y =
batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
    until keypressed or mati;
    if mati then exit;
    tkn:=readkey;
    if tkn = 'a' then tkn:='d';
  end
  else if c = 's' then begin
    repeat
      if((ekor[1].x = makanan.x) and (ekor[1].y
= makanan.y)) then makan;
      ekor[1].y := ekor[1].y+1;
      atur_posisi;
      if (ekor[1].x = batas_x) or (ekor[1].y =
batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
    until keypressed or mati;
    if mati then exit;
    tkn:=readkey;
    if tkn = 'w' then tkn:='s';
  end
  else if c = 'w' then begin
    repeat
      if((ekor[1].x = makanan.x) and (ekor[1].y
= makanan.y)) then makan;
      ekor[1].y := ekor[1].y-1;
      atur_posisi;
      if (ekor[1].x = batas_x) or (ekor[1].y =
batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
    until keypressed or mati;
    if mati then exit;
    tkn:=readkey;
    if tkn = 's' then tkn:='w';
  end
  else if c = 'a' then begin
    repeat
      if((ekor[1].x = makanan.x) and (ekor[1].y
= makanan.y)) then makan;
      ekor[1].x := ekor[1].x-1;
      atur_posisi;
      if (ekor[1].x = batas_x) or (ekor[1].y =
batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
    until keypressed or mati;
    if mati then exit;
    tkn:=readkey;
    if tkn = 'd' then tkn:='a';
  end;
end;
begin
  tkn:='d';
  mati := false;
  randomize;
  pjg := 10; spd := 0;
  makanan.x := random(batas_x-2)+2;
  makanan.y := random(batas_y-2)+2;
  ekor[1].x := 40;
  ekor[1].y := 3;
  for i:=2 to pjg do begin
    ekor[i].x := ekor[i-1].x;
    ekor[i].y := 3;
  end;
lanjut:
  clrscr;
  gotoxy(10,26); write('Skor = ',skor);
  for i:=1 to 80 do begin
    gotoxy(i,1); write('-');
    gotoxy(i,25); write('-');
  end;
  for i:=2 to 24 do begin
    gotoxy(1,i); write('|');
    gotoxy(80,i); write('|');
  end;
  for i:=1 to pjg do begin
    gotoxy(ekor[i].x, ekor[i].y);
    write('&');
  end;
  gotoxy(makanan.x, makanan.y); write('o');
  repeat
    if((tkn='w') or (tkn='a') or (tkn='s') or
(tkn='d')) then bergerak(tkn)
    else begin
      repeat
        gotoxy(20,10); write('           Lagi Galau..??');
        gotoxy(20,11); write('          ..Paused Game..');
        repeat
          gotoxy(20,13); write('..Press w, a, s
or d to lanjut..'); delay(200);
          gotoxy(20,13); write('                                '); delay(200);
        until keypressed;
        tkn:=readkey;
    until((tkn='w') or (tkn='a') or (tkn='s')
or (tkn='d')); goto lanjut;
    end;
    if mati then goto habis;
  until (tkn = #27) or mati;
habis:
  gotoxy(20,10); write('    Lagi Galau..??');
  gotoxy(20,11); write(' ..Paramex obatnya..');
  gotoxy(20,12); write('   ..wkwkwkwkwk..');
  readln;
end.
   Berikut tampilan program game ular pada
pascal:
     Logika program:
  Membuat game pada program pascal ini sama
saja halnya membuat program pada biasanya, pada program game ini digunakan
program procedure yaitu bentuk program 
yang mana dia akan menampilkan proses sebuah blok program tersndiri yang
merupakan bagian dari program lain yang lebih besar. Prosedur atur posisi yaitu
untuk mengatur posisi ular yang akan dijalankan, prosedur makan yaitu untuk
dimana makanan tersebut akan dimakan oleh ular ketika game dijalankan prosedur
bergerak yaitu ular akan bergerak pada saat dijalankan nantinya.
   Output program:
 Berikut tampilan output program game ular pada
pascal:
Program
membuat game pada c++
  
Program membuat game pada c++ sama saja halnya membuat program pada
biasanya, hanya perlu merubah rumus atau listing program yang akan kita buat
cukup kita mengetahui rumusnya apa yang akan bisa menjadi game tersebut agar
bisa dijalankan pada saat akhir program nanti, untuk mengetahui lebih lanjut
langsung saja kita lihat listing programnya.
  Contoh listing program game pesawat bersihin
siskom:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#define xmap 20
#define ymap 20
int main()
{
int x,y,posisix,posisiy,batas;
char input;
char *arah[4];
batas=0;
*arah="G0!";
int map[xmap][ymap]= {
1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,
1,3,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,2,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,3,0,1,
1,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,1,1,1,1,0,3,1,0,0,1,1,1,1,0,0,3,1,
1,0,0,1,0,0,0,0,0,1,0,0,1,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,1,1,1,1,0,0,1,0,0,1,1,1,1,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,0,1,0,0,1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,1,
1,0,0,1,1,1,1,0,0,1,0,0,1,1,1,1,0,0,0,1,
1,0,3,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,1,0,0,1,0,1,1,1,1,0,1,0,0,0,1,0,1,
1,0,0,1,3,1,0,0,1,0,0,1,0,1,1,0,1,1,0,1,
1,3,0,1,1,0,0,0,1,0,0,1,0,1,0,1,0,1,0,1,
1,0,0,1,0,1,0,0,1,0,0,1,0,1,0,0,0,1,0,1,
1,0,0,1,0,0,1,0,1,1,1,1,0,1,0,0,0,1,0,1,
1,0,3,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,3,0,0,0,3,0,0,0,0,0,0,3,0,0,1,
1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,
};
while(1){
cout<<"(pesawat MIPA bersihin TAMAN SISKOM)";
cout<<endl<<" (Saadilah mursid | A1312063)\n";
for (x=0;x<xmap;x++){
for (y=0;y<ymap;y++){
if (map[x][y]==1){
if (x==0){
cout<<"ZZZ";
}
else if (x==xmap-1){
cout<<"ZZZ";
}
else {cout<<"[|]";}
}
else if (map[x][y]==2){
cout<<*arah;
posisix=x;
posisiy=y;
}
else if (map[x][y]==3){
cout<<"'@,";
}
else {cout<<" ";}
}
cout<<" "<<endl;
}
cout<<"\n\"w\" \"a\" \"s\" \"d\" untuk menggerakkan] ['@, = SAMPAH] [Caps Lock = PAUSE] ";
cout<<endl<<"posisi x = "<<posisix<<endl<<"posisi y = "<<posisiy;
input=getch();
if(input=='s'){
if (map[posisix+1][posisiy]==0 || map[posisix+1][posisiy]==3){
map[posisix][posisiy]=0;
map[posisix+1][posisiy]=2;
*arah=",v,";
}
}
else if(input=='d'){
if (map[posisix][posisiy+1]==0 || map[posisix][posisiy+1]==3){
map[posisix][posisiy]=0;
map[posisix][posisiy+1]=2;
*arah=" >;";
}
}
else if(input=='a'){
if (map[posisix][posisiy-1]==0 || map[posisix][posisiy-1]==3){
map[posisix][posisiy]=0;
map[posisix][posisiy-1]=2;
*arah=";< ";
}
}
else if(input=='w'){
if (map[posisix-1][posisiy]==0 || map[posisix-1][posisiy]==3){
map[posisix][posisiy]=0;
map[posisix-1][posisiy]=2;
*arah="'^'";
}
}
clrscr();
}
}
#include <conio.h>
#define xmap 20
#define ymap 20
int main()
{
int x,y,posisix,posisiy,batas;
char input;
char *arah[4];
batas=0;
*arah="G0!";
int map[xmap][ymap]= {
1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,
1,3,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,2,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,3,0,1,
1,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,1,1,1,1,0,3,1,0,0,1,1,1,1,0,0,3,1,
1,0,0,1,0,0,0,0,0,1,0,0,1,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,1,1,1,1,0,0,1,0,0,1,1,1,1,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,0,1,0,0,1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,1,
1,0,0,1,1,1,1,0,0,1,0,0,1,1,1,1,0,0,0,1,
1,0,3,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,1,0,0,1,0,1,1,1,1,0,1,0,0,0,1,0,1,
1,0,0,1,3,1,0,0,1,0,0,1,0,1,1,0,1,1,0,1,
1,3,0,1,1,0,0,0,1,0,0,1,0,1,0,1,0,1,0,1,
1,0,0,1,0,1,0,0,1,0,0,1,0,1,0,0,0,1,0,1,
1,0,0,1,0,0,1,0,1,1,1,1,0,1,0,0,0,1,0,1,
1,0,3,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,3,0,0,0,3,0,0,0,0,0,0,3,0,0,1,
1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,
};
while(1){
cout<<"(pesawat MIPA bersihin TAMAN SISKOM)";
cout<<endl<<" (Saadilah mursid | A1312063)\n";
for (x=0;x<xmap;x++){
for (y=0;y<ymap;y++){
if (map[x][y]==1){
if (x==0){
cout<<"ZZZ";
}
else if (x==xmap-1){
cout<<"ZZZ";
}
else {cout<<"[|]";}
}
else if (map[x][y]==2){
cout<<*arah;
posisix=x;
posisiy=y;
}
else if (map[x][y]==3){
cout<<"'@,";
}
else {cout<<" ";}
}
cout<<" "<<endl;
}
cout<<"\n\"w\" \"a\" \"s\" \"d\" untuk menggerakkan] ['@, = SAMPAH] [Caps Lock = PAUSE] ";
cout<<endl<<"posisi x = "<<posisix<<endl<<"posisi y = "<<posisiy;
input=getch();
if(input=='s'){
if (map[posisix+1][posisiy]==0 || map[posisix+1][posisiy]==3){
map[posisix][posisiy]=0;
map[posisix+1][posisiy]=2;
*arah=",v,";
}
}
else if(input=='d'){
if (map[posisix][posisiy+1]==0 || map[posisix][posisiy+1]==3){
map[posisix][posisiy]=0;
map[posisix][posisiy+1]=2;
*arah=" >;";
}
}
else if(input=='a'){
if (map[posisix][posisiy-1]==0 || map[posisix][posisiy-1]==3){
map[posisix][posisiy]=0;
map[posisix][posisiy-1]=2;
*arah=";< ";
}
}
else if(input=='w'){
if (map[posisix-1][posisiy]==0 || map[posisix-1][posisiy]==3){
map[posisix][posisiy]=0;
map[posisix-1][posisiy]=2;
*arah="'^'";
}
}
clrscr();
}
}
   Berikut tampilan program game pesawat
bersihin siskom:
     Logika program:
   Membuat game peswat mipa pada program c++
ini menggunakan do while yaitu pengulangan program perulangan ini digunakan
pada saat game pesawat mainkan, fungsinya untuk menjalankan pesawat tersebut
dengan perulangak beberapa kali sampai akhir program selesai dimainkan yang
dimana posisi x adalah sebelah kiri dan y sebelah kanan posisi, pesawat >;  berada pada posisi x kemudian menuju posisi y
dan akan membersihkan sampah(‘@,) yang akan ditemuinya pada saat program
dijalankan nantinya.
   Output program:
 Berikut tampilan output program game pesawat
bersihin siskom pada c++:




apa inti game di atas ??
BalasHapusintinya itu yaa supaya kita bisa memainkannya dan dapat pula bagaimana cara membuat programnya
Hapusbisa ga pake program Java ?
BalasHapusbisa aja diprogram java, asal kita tau aja cara membuat listing program tersebut
Hapusitu game seperti apa ? apa game seperti flash ?
BalasHapusyaa coba dulu diliat dulu gamenya atau dicoba di aplikasi pemograman yang ada
Hapusyaaa tidak seperti game flash, game ini sederhana saja cara mainnya
saya mau bikin game tebak kata di c++ kira kira bisa ga ya? caranya gimana? bisa kasih saya tutorialnya?
BalasHapusbisa pake c++, caranya asal kita tau listinng programnya saja, kalau tutorialnya saya ga ada mbaa, mbaa bisa liat blog" lain banyak koe kalau mau tutorialnya
Hapusgame tebak tebakan seperti apa hafizah ? siapa tau saya juga kepengen :D
BalasHapus