Jumat, 01 Maret 2013

Program Game Pascal dan C++



Membuat game pada bahasa pemograman
Program membuat game pada pascal
   Program membuat game sama saja halnya membuat program pada biasanya, hanya perlu merubah rumus atau listing program yang akan kita buat cukup kita mengetahui rumusnya ap yang akan bisa menjadi game tersebut agar bisa dijalankan pada saat akhir program nanti, untuk mengetahui lebih lanjut langsung saja kita lihat listing programnya.
  Contoh listing program game ular:
program game;
uses crt;
label
  habis, lanjut;
const
  max_panjang = 100;
  batas_x = 80;
  batas_y = 25;
  speed   = 200;
type
  tempat = record
    x, y : integer;
  end;
var
  ekor : array[1..max_panjang] of tempat;
  ujung, makanan : tempat;
  tkn : char;
  i,pjg,skor,spd  : integer;
  mati : boolean;
procedure atur_posisi;
begin
  ujung.x := ekor[pjg].x;
  ujung.y := ekor[pjg].y;
  for i:=pjg downto 2 do begin
    ekor[i].x := ekor[i-1].x;
    ekor[i].y := ekor[i-1].y;
  end;
  gotoxy(ekor[2].x, ekor[2].y); write('@');
  gotoxy(ekor[3].x, ekor[3].y); write('&');
  gotoxy(ekor[pjg-1].x, ekor[pjg-1].y); write('#');
  gotoxy(ujung.x, ujung.y); write(' ');
  for i:=3 to pjg do if((ekor[2].x=ekor[i].x) and (ekor[2].y=ekor[i].y)) then mati:=true;
  delay(speed-spd);
end;
procedure makan;
var beda : boolean;
begin
clrscr;
  inc(skor,5);
  gotoxy(10,26); write('Skor = ',skor);
  repeat
    beda := true;
    makanan.x := random(batas_x-2)+2;
    makanan.y := random(batas_y-2)+2;
    for i:=1 to pjg do
      if((makanan.x=ekor[i].x) and (makanan.y=ekor[i].y)) then beda:=false;
  until beda;
  gotoxy(makanan.x, makanan.y); write('o');
  inc(pjg);
  inc(spd,2);
end;
procedure bergerak(c : char);
begin
  if c = 'd' then begin
    repeat
      if((ekor[1].x = makanan.x) and (ekor[1].y = makanan.y)) then makan;
      ekor[1].x := ekor[1].x+1;
      atur_posisi;
      if (ekor[1].x = batas_x) or (ekor[1].y = batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
    until keypressed or mati;
    if mati then exit;
    tkn:=readkey;
    if tkn = 'a' then tkn:='d';
  end
  else if c = 's' then begin
    repeat
      if((ekor[1].x = makanan.x) and (ekor[1].y = makanan.y)) then makan;
      ekor[1].y := ekor[1].y+1;
      atur_posisi;
      if (ekor[1].x = batas_x) or (ekor[1].y = batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
    until keypressed or mati;
    if mati then exit;
    tkn:=readkey;
    if tkn = 'w' then tkn:='s';
  end
  else if c = 'w' then begin
    repeat
      if((ekor[1].x = makanan.x) and (ekor[1].y = makanan.y)) then makan;
      ekor[1].y := ekor[1].y-1;
      atur_posisi;
      if (ekor[1].x = batas_x) or (ekor[1].y = batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
    until keypressed or mati;
    if mati then exit;
    tkn:=readkey;
    if tkn = 's' then tkn:='w';
  end
  else if c = 'a' then begin
    repeat
      if((ekor[1].x = makanan.x) and (ekor[1].y = makanan.y)) then makan;
      ekor[1].x := ekor[1].x-1;
      atur_posisi;
      if (ekor[1].x = batas_x) or (ekor[1].y = batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
    until keypressed or mati;
    if mati then exit;
    tkn:=readkey;
    if tkn = 'd' then tkn:='a';
  end;
end;
begin
  tkn:='d';
  mati := false;
  randomize;
  pjg := 10; spd := 0;
  makanan.x := random(batas_x-2)+2;
  makanan.y := random(batas_y-2)+2;
  ekor[1].x := 40;
  ekor[1].y := 3;
  for i:=2 to pjg do begin
    ekor[i].x := ekor[i-1].x;
    ekor[i].y := 3;
  end;
lanjut:
  clrscr;
  gotoxy(10,26); write('Skor = ',skor);
  for i:=1 to 80 do begin
    gotoxy(i,1); write('-');
    gotoxy(i,25); write('-');
  end;
  for i:=2 to 24 do begin
    gotoxy(1,i); write('|');
    gotoxy(80,i); write('|');
  end;
  for i:=1 to pjg do begin
    gotoxy(ekor[i].x, ekor[i].y);
    write('&');
  end;
  gotoxy(makanan.x, makanan.y); write('o');
  repeat
    if((tkn='w') or (tkn='a') or (tkn='s') or (tkn='d')) then bergerak(tkn)
    else begin
      repeat
        gotoxy(20,10); write('           Lagi Galau..??');
        gotoxy(20,11); write('          ..Paused Game..');
        repeat
          gotoxy(20,13); write('..Press w, a, s or d to lanjut..'); delay(200);
          gotoxy(20,13); write('                                '); delay(200);
        until keypressed;
        tkn:=readkey;
    until((tkn='w') or (tkn='a') or (tkn='s') or (tkn='d')); goto lanjut;
    end;
    if mati then goto habis;
  until (tkn = #27) or mati;
habis:
  gotoxy(20,10); write('    Lagi Galau..??');
  gotoxy(20,11); write(' ..Paramex obatnya..');
  gotoxy(20,12); write('   ..wkwkwkwkwk..');
  readln;
end.

   Berikut tampilan program game ular pada pascal:







     Logika program:
  Membuat game pada program pascal ini sama saja halnya membuat program pada biasanya, pada program game ini digunakan program procedure yaitu bentuk program  yang mana dia akan menampilkan proses sebuah blok program tersndiri yang merupakan bagian dari program lain yang lebih besar. Prosedur atur posisi yaitu untuk mengatur posisi ular yang akan dijalankan, prosedur makan yaitu untuk dimana makanan tersebut akan dimakan oleh ular ketika game dijalankan prosedur bergerak yaitu ular akan bergerak pada saat dijalankan nantinya.

   Output program:

 Berikut tampilan output program game ular pada pascal:





Program membuat game pada c++
   Program membuat game pada c++ sama saja halnya membuat program pada biasanya, hanya perlu merubah rumus atau listing program yang akan kita buat cukup kita mengetahui rumusnya apa yang akan bisa menjadi game tersebut agar bisa dijalankan pada saat akhir program nanti, untuk mengetahui lebih lanjut langsung saja kita lihat listing programnya.
  Contoh listing program game pesawat bersihin siskom:

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#define xmap 20
#define ymap 20
int main()
{
 int x,y,posisix,posisiy,batas;
 char input;
 char *arah[4];
 batas=0;
 *arah="G0!";
 int map[xmap][ymap]= {
1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,
1,3,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,2,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,3,0,1,
1,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,1,1,1,1,0,3,1,0,0,1,1,1,1,0,0,3,1,
1,0,0,1,0,0,0,0,0,1,0,0,1,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,1,1,1,1,0,0,1,0,0,1,1,1,1,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,0,1,0,0,1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,1,
1,0,0,1,1,1,1,0,0,1,0,0,1,1,1,1,0,0,0,1,
1,0,3,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,1,0,0,1,0,1,1,1,1,0,1,0,0,0,1,0,1,
1,0,0,1,3,1,0,0,1,0,0,1,0,1,1,0,1,1,0,1,
1,3,0,1,1,0,0,0,1,0,0,1,0,1,0,1,0,1,0,1,
1,0,0,1,0,1,0,0,1,0,0,1,0,1,0,0,0,1,0,1,
1,0,0,1,0,0,1,0,1,1,1,1,0,1,0,0,0,1,0,1,
1,0,3,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,0,1,
1,0,0,0,0,3,0,0,0,3,0,0,0,0,0,0,3,0,0,1,
1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,
       };
 while(1){
  cout<<"(pesawat MIPA bersihin TAMAN SISKOM)";


  cout<<endl<<"   (Saadilah mursid | A1312063)\n";
  for (x=0;x<xmap;x++){
   for (y=0;y<ymap;y++){
    if (map[x][y]==1){
     if (x==0){
      cout<<"ZZZ";
      }
     else if (x==xmap-1){
      cout<<"ZZZ";
      }
     else {cout<<"[|]";}
    }
    else if (map[x][y]==2){
     cout<<*arah;
     posisix=x;
     posisiy=y;
    }
    else if (map[x][y]==3){
     cout<<"'@,";
    }
    else {cout<<"   ";}
   }
   cout<<" "<<endl;
  }
  cout<<"\n\"w\" \"a\" \"s\" \"d\" untuk menggerakkan]  ['@, = SAMPAH]   [Caps Lock = PAUSE] ";
  cout<<endl<<"posisi x = "<<posisix<<endl<<"posisi y = "<<posisiy;
  input=getch();
  if(input=='s'){
   if (map[posisix+1][posisiy]==0 || map[posisix+1][posisiy]==3){
    map[posisix][posisiy]=0;
    map[posisix+1][posisiy]=2;
    *arah=",v,";
    }
   }
  else if(input=='d'){
   if (map[posisix][posisiy+1]==0 || map[posisix][posisiy+1]==3){
    map[posisix][posisiy]=0;
    map[posisix][posisiy+1]=2;
    *arah=" >;";
    }
   }
  else if(input=='a'){
   if (map[posisix][posisiy-1]==0 || map[posisix][posisiy-1]==3){
    map[posisix][posisiy]=0;
    map[posisix][posisiy-1]=2;
    *arah=";< ";
   }
  }
  else if(input=='w'){
   if (map[posisix-1][posisiy]==0 || map[posisix-1][posisiy]==3){
    map[posisix][posisiy]=0;
    map[posisix-1][posisiy]=2;
    *arah="'^'";
    }
   }
  clrscr();
 }
}


   Berikut tampilan program game pesawat bersihin siskom:



     Logika program:
   Membuat game peswat mipa pada program c++ ini menggunakan do while yaitu pengulangan program perulangan ini digunakan pada saat game pesawat mainkan, fungsinya untuk menjalankan pesawat tersebut dengan perulangak beberapa kali sampai akhir program selesai dimainkan yang dimana posisi x adalah sebelah kiri dan y sebelah kanan posisi, pesawat >;  berada pada posisi x kemudian menuju posisi y dan akan membersihkan sampah(‘@,) yang akan ditemuinya pada saat program dijalankan nantinya.

   Output program:

 Berikut tampilan output program game pesawat bersihin siskom pada c++:


9 komentar:

  1. Balasan
    1. intinya itu yaa supaya kita bisa memainkannya dan dapat pula bagaimana cara membuat programnya

      Hapus
  2. bisa ga pake program Java ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja diprogram java, asal kita tau aja cara membuat listing program tersebut

      Hapus
  3. itu game seperti apa ? apa game seperti flash ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa coba dulu diliat dulu gamenya atau dicoba di aplikasi pemograman yang ada
      yaaa tidak seperti game flash, game ini sederhana saja cara mainnya

      Hapus
  4. saya mau bikin game tebak kata di c++ kira kira bisa ga ya? caranya gimana? bisa kasih saya tutorialnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pake c++, caranya asal kita tau listinng programnya saja, kalau tutorialnya saya ga ada mbaa, mbaa bisa liat blog" lain banyak koe kalau mau tutorialnya

      Hapus
  5. game tebak tebakan seperti apa hafizah ? siapa tau saya juga kepengen :D

    BalasHapus

 

Template Design By:
SkinCorner